Motif Batik Pekalongan Dan Penjelasan Sang Batik Legenda Indonesia

Negara Indonesia memiliki banyak jenis batik yang populer hingga internasional, namun ada salah satu motif batik yang memiliki ciri khas sehingga disukai masyarakat dunia, yaitu motif batik Pekalongan. Busana batik merupakan busana berupa kain  motif yang memiliki makna filosofi serta history. Hingga sampai saat ini masyarakat masih bingung motif batik Pekalongan dan penjelasannya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki motif batik yang berbeda beda yang menjadi ciri khas tiap daerah, dimana tiap motif terkandung nilai filosofi di dalamnya. Pada kali ini fashion beken akan menjelaskan tentang motif batik Pekalongan yang termasuk salah satu produk lokal yang mendunia.

Motif batik Pekalongan asli, konon memiliki cerita berkaitan dengan perjalanan pada zaman kolonial Belanda. Saat itu Penembahan Senopati telah mengumumkan sebuah perang terbuka melawan kolonial Belanda, hingga terjadilah perpecahan di lingkungan kerajaan Yogyakarta, ketika itu keluarga kraton sempat terpecah bela.

motif batik pekalongan

motif batik pekalongan

Saat perpecahan terjadi, para bangsawan meninggalkan kerajaan, bersama dengan para pengikutnya dan menetap di berbagai daerah yang salah satunya merupakan daerah Pekalongan. Di daerah baru tersebut, kerajinan batik tetap dilanjutkan dan dikembangkan oleh keluarga bangsawan disertai dengan modifikasi sesuai dengan keadaan daerah di tempat tinggal baru.

Motif Batik Pekalongan

Corak motif batik Pekalongan tidak berbeda jauh dengan motif batik Yogyakarta, yang menjadi pembedanya hanya lebih atraktif dan memiliki warna lebih beragam terlihat cerah. Berikut ini ciri ciri batik asli Pekalongan:

  1. Ornament Khas Pekalongan
ornamen batik khas pekalongan

ornamen batik khas pekalongan

Pada umumnya motif batik Pekalongan memiliki ornament berbentuk burung Garuda atau tumbuh tumbuhan, namun tidak memiliki cecak gori dan cecak sawut. Pengisian pada motif batik berupa garis garis atau cecak pitu. Saat di lihat lebih detail, cecak batik Pekalongan terlihat menonjol sehingga garis pembentuk ornament motif terbentuk dari cecek cecek juga. Ada satu merk batik halusan asli Pekalongan yang sangat terkenal dengan permainan seni cecek adalah Oei Tjow Soen.

  1. Motif Batik Liong
Motif Batik Liong

Motif Batik Liong

Motif batik Pekalongan ini sedikit unik dan terdapat sedikit budaya negara Cina. Motif ini terlihat seperti burung Phoenix, burung phoenix merupakan burung yang memiliki sayap sedangkan kepada dan ekornya bergelombang serta ornament Liong adalah naga berkaki 4.

  1. Motif Dengan Warna Cerah
motif batik warna cerah

motif batik warna cerah

Batik Pekalongan memiliki warna dengan motif cerah, hal tersebut berbanding terbalik dengan batik Yogyakarta lebih menggemari warna kalem seperti coklat muda dan biru tua. Kalau busana batik Pekalongan lebih dominan warna cerah seperti kuning cerah, biru muda, violet, merah dan oranye.

  1. Motif Batik Jlamprang
motif batik jlamprang

motif batik jlamprang

Motif batik Pekalongan yang hampir mirip dengan motif batik Yogyakarta adalah motif Jlamprang. Motif jlamprang merupakan motif batik berbentuk geometris. Motif jlamprang memiliki filosofi didalamnya, dimana motif batik ini dipengaruhi syari agama islam yang sedapat mungkin menghindari ornament berbentuk makhluk hidup. Namun ada opini lain dari para ahli sejarah, motif jlamprang dipengaruhi oleh kebudayaan hindu syiwa.

Dalam perkembangan batik Pekalongan, industri di pusat batik Pekalongan mengalami pertumbuhan cukup pesat. Batik Pekalongan memiliki daya tarik yang bisa ditemukan dalam motif batik klasik mirip dengan motif batik Yogyakarta maupun motif batik Solo. Sehingga sangat mempengaruhi selera pemburu batik halusan dan batik motif asli Pekalongan.

Pada jaman modern seperti saat ini, para pengrajin batik banyak melakukan inovasi, agar tercipta aneka ragam motif motif baru sesuai dengan trend fashion saat ini.

Salah satu toko tekstil dari Eropa dengan nama Van Zulyen, bahkan sempat menerjuni ilmu pembuatan batik di kota Pekalongan dan memperkenalkan motif batik berbentuk tumbuhan yang dibentuk se realistis mungkin dengan objek sungguhan.

Selain faktor tersebut motif batik Pekalongan dipengaruhi oleh budaya Cina, Arab dan Eropa, yang penting motif tersebut dapat di terima oleh masyarakat Indonesia, tanpa meninggalkan ciri khas motif batik Pekalongan. Nah seperti itulah beberapa penjelasan tentang motif batik Pekalongan yang dapat memberikan anda informasi penting dalam dunia fashion khususnya busana batik.